Kamis, 22 November 2012

Legenda Kian Santang

KIAN Santang adalah Tokoh tasawuf dari tanah pasundan yang ceritanya sangat me-logenda khususnya di hati masarakat pasundan; dan kaum tasawuf ditanah air pada umumnya.

Tapi taukah anda, jika sebenarnya tokoh Kian-Santang ini, pertama kali berhembus di bumi Pasundan dikisahkan oleh Raden CAKRABUANA atau pangeran walangsungsang ketika menyebarkan Islam di tanah Cirbon sampai Pasundan. Pangeran Cakrabuana adalah anak dari Prabu Sili-Wangi atau Jaya Dewata Raja Pajajaran, yang dilahirkan dari permisuri ketiga yang bernama Nyi Subang Larang. Mengapa mereka menyebarkan Islam? Karena Subang-larang adalah murid dari mubaliq kondang yaitu Syeh Maulana-Hasanudin atau terkenal dengan Sebutan Syeh Kuro krawang.
Bermula dari, Ketika raden Walangsungsang memilih untuk pergi meninggalkan Galuh Pakuan atau Pajajaran, yang di sbeapkan oleh ke-berbeda-an haluan dengan keyakinan yang ayahnya peluk, yakni agama “shangyang”, pada waktu itu.
Diriwayatkan beliau berkelana mensyi’arkan islam bersama adiknya yaitu Rara santang—ibu dari syarif hidayatullah atau sunan gunung jati—dengan membuka perkampungan dipesisir utara dengan bantuan Ki-Gendeg Tapa atau kakeknya — ayah dari nyi subang larang. Dan, perkampungan inilah yang akhirnya menjadi cikal-bakal kerajaan caruban atau Kasunanan Cirebon yang sekarang adalah “kota madya cirebon”
Logenda Kian-Santang-Red, diambil dari sebuah kisah nyata, dari tanah pasundan tempo dulu yang epik cerita-nya tersimpan rapi berbentuk sebuah buku di perpustakaan kerajaan pajajaran—ini berkaitan erat dengan tebakan para peneliti yang menyatakan bahwa naskah Serat Wangsakerta adalah palsu yang alasannya tinta yang digunakan untuk menulis kitab Wangsakerta terlalu muda dibanding KItabnya, disitu diperkirakan ada sebagian naskah yang hilang. bisa jadi naskah yang hilang tersebut adalah cerita tentang Kian Santang.
Pajajaran memiliki kitab terntang cerita Kian Santang alasannya adalah, Karena pajajaran adalah hasil dari penyatuan dua kerajaan antara Galuh dan kerajaan Sunda Pura.
Yang dimana kerajaan Galuh dan Sundapura pun adalah dua kerajaan pecahan dari Kerajaan Tarumanegara, yang di masa prabu PURNA-WARMAN yaitu raja ketiga dari kerajaan Tarumanegara, sengaja di bangun istana baru yaitu Sundapura (pertama kali istilah Sunda ada) dan kemudian oleh Trusbawa menantu — Linggawarman Raja ke 12 atau Raja terakhir — di jadikanlah Ibu kota tersebut menjadi kerajaan Sunda Pura. Sedangkan, Galuh dijadikan hadiah pada Writekandayu adik dari Gagak Lumayung karena berhasil mengusir penjajah Dinasti Tang 669m yang hendak menguasai Tarumanegara. Ini jika mengacu pada tahun, karena tahun 669 diperkirakan masa hidup Saydina Ali tokoh sentral dalam kisah Kian Santang ini. Dan, Jaya Dewata adalah orang yang menyatukan kembali dua pecahan Kerajaan Tarumanegara menjadi satu kembali dengan nama baru yakni Pajajaran, dengan jalan mengawini kedua putri dari kedua kerajaan tersebut. Karena pada waktu itu kedua kerajaan tersebut tidak mempunyai putra maka secara otomatis kedua kerajaan tersebut menjadi hak waris Jaya Dewata.
Di mana di kisahkan dalam buku tersebut ; tersebutlah pada waktu itu yaitu abad ke 6m atau tahun 669m pernah terdapat putra mahkota yang sakti mandraguna keturunan Bagawan Manikmaya atau Cicitnya yang masih berdarah kerajaan Taruma Negara. Karena Bagawan Manikmaya kawin dengan putri Singawarman Raja Tarumanegara ke 7 yang bernama sobakencana. Kemudian dihadiahi bumi Kendan atau kerajaan Kendan.
Dia adalah “GAGAK LUMAYUNG” yang dalam ceritanya “di tataran suda dan sekitarnya ,tak ada yang mampu mengalahkan ilmu kesaktiannya. hingga suatu saat datang pasukan dari dinasti TANG yang hendak menaklukkan kerajaan tarumanegara. namun berkat gagak lumayung ,pasukan TANG dapat di halau dan tunggang-langgang meninggalkan Tarumanegara.
semenjak itu Raden Gagak lumayung di beri sebutan ”KI AN SAN TANG” yang artinya ”penakluk pasukan tang”
Di ceritakan Sang Kiansantang ini karena saking saktinya hingga dia rindu kepingin melihat darahnya sendiri seperti apa.
Hingga sampailah di suatu ketika sa’at dia mendapat wangsit di tapabratanya bahwah di tanah Arab terdapat orang sakti mandraguna yang tak terkalahkan.
Konon: dengan ajian Napak Sancangnya raden kian santang mampu mengarungi lautan dengan berkuda saja.
“Di mana dalam ceritanya ketika sampai di pesisir beliau bertemu seorang kakek ,dan padanya dia minta untuk di tunjukan di mana orang sakti yang Kian Santang maksud tersebut”.
Dan dengan senang hati si-kakek tersebut menyanggupi untuk menunjukkannya, namun sebelumnya dia mengajak dahulu Kian-Santang untuk mampir ke rumahnya.
Al-kisah setelah sampai di rumahnya. ternyata, tongkat dari sang kakek tersebut tertinggal di pesisir dan minta kian santang untuk mengambilkanya ,konon dikisahkan Si-Kian Santang tak mampu mencabutnya sampai tanganya berdarah-darah ,disitulah Kian Santang baru sadar kalau kakek itu adalah orang yang di carinya.
Dan akhirnya dengan membaca kalimah syahadat yang di ajarkan sang kakek tadi “yang akhirnya menjadi guru spiritualnya” tongkat tersebut dapat di cabut .dan siapakah kakek tersebut? ya dia adalah taklain dan tak bukan syaidina ali r.a menantu dari baginda nabi muhamad s.a.w.
Cerita tersebut membumi sekali sampai saat sekarang. Dan yang aneh, kebanyakan orang menduga kalau Kian Santang itu adalah raden Walang Sungsang. dan itu sangat Pradoks karena tidak mungkin —kalau Kian Santang yang dimaksud putra Pajajaran dapat bertemu Saydina Ali, karena jelas tahunnya sangat Jauh, hampir 800 tahun lebih. kita boleh saja terkecoh namun sesungguhnya banyak sekali cerita yang sepadan dengan kisah raden walang sungsang tersebut. Dialah yang mengisahkan, justru dialah yang di kira pelaku (raden walang sungsang atau pangeran cakrabuana) sebagai tokoh yang diceritakan itu. padahal kisah itu di gali oleh Raden Walang Sungsang tujuannya adalah hanya sebagai media dakwah dalam penyebaran Islam di bumi Cirbon dan sekitarnya.
Tapi ternyata, sampai sekarang banyak kalangan yang menyangka raden walangsungsang adalah kian santang bahkan ada yang menafikan Kian Santang adalah adik cakrabuana dan kakak dari rara santang. Tentu hal ini akan membuat bingung karena saydina ali hidup antara th: 500-650an sedang raden walang sungsang atau babad tanah cirbon itu sekitar th 1400an.
Raden walangsungsang mengambil cerita ini dari perpustakaan kerajaan pajajaran dengan pertimbangan karena kisah itu mirip dengan kisahnya, Yang di mana Kian Santang setelah pulang dari arab dia ingin meng-islamkan ayahnya prabu Damunawan namun di tolaknya dan Kian Santang memilih meninggalkan istana
Galuh dan tahtanya di berikan adiknya yaitu writekandayu.
Begitu pula raden walang sungsang yang pernah merantau ke arab dan meningkahkan adiknya rara santang yang di ambil istri oleh putra kerajaan mesir waktu itu dan pernikahan berlangsum di mesir yang dari perkawinan inilah nanti akan lahirlah raden syarif hidayatullah atau sunan gunung jati.
Keinginan Walangsungsang untuk meng-islamkan Prabu Siliwangi pun ditolak mentah-mentah dan ayahnya tidak ingin bertarung dengan anaknya maka dia memilih mensucikan diri atau bertapa, konon beliau menjelma macan putih.
Pengambilan kisah penokohan dalam sebuah ceritra seperti ini sebenarnya pernah pula terjadi pada era sebelum Raden Walang Sungsang yang tepatnya dilakukan oleh raja jaya-baya (yang menurut cerita dia adalah raja islam pertama di tanah jawa, karena dia pernah berguru pada Syeh Ali Syamsuden, seorang ulama dari Mesir dan setelah itu menciptakan kitab Musrar atau yang terkenal dengan Kitab Jongko Joypboyo) dari kerajaan panjalu atau kediri, di mana sewaktu masih di pegang raja airlangga kerajaan tersebut bernama kerajaan KAHURIPAN dan karena kedua anaknya semua meminta tahta maka kahuripan di bagi dua yaitu panjalu dan jenggala. Sepanjang perkembangan dua kerajaan tersebut selalu bermusuhan dan pada masa kerajaan panjalu dirajai oleh jaya baya, panjalu mampu menaklukkan jenggala dan di satukan lagi antara jenggala dan panjalu.
Pada waktu panjalu menaklukkan jenggala Raja Jaya-Baya meminta empu sedha dan empu panuluh untuk mengutip naskah dari india yang judulnya maha barata. namun di ferifikasi dengan gaya jawa. Sebagai perlambang atas kemenangan perang saudara panjalu atas jenggala. Yang akhirnya kitab tersebut di beri judul Barata-Yuda. Dan dalam kisah klasik jawa ini banyak kalangan masarakat yang mengira bahwa Jaya Baya adalah kelanjutan dari trah barata yaitu cicit dari parikesit putra abimanyu dan kakek dari Angling Darma, padahal itu hanya fiksi.
Juga kisah lainnya yang serupa pernah pula hadir kemasarakat yang tujuannya waktu itu sebagai media dakwah untuk melindungi rongrongan ajaran syariat terhadap kaum sufi. Maka ketika bergerak menyebarkan islam WALI SONGO menurt banyak kalangan membuat cerita al-halaj dalam fersi indonesia yaitu; cerita syeh siti jenar. Yang menurut doktor simon dari UGM berdasarkan temuannya karya-karya besar berupa naskah suluk dari Sunan Kalijaga dan lain sebagainya. Dapat di pastikan tokoh siti jenar adalah imajener hanya untuk media dakwah dan melindungi islam agar tetap pada ajaran ahlusunah wa jamaah.
Dan sampai saat ini pendapat itu masih simpang siur dan menjadi perdebatan dan polemik panjang oleh para ahli sejarah di tanah air.

1 komentar:

  1. Slots Machines - Slot Machines - JT Hub
    Slots 영천 출장안마 Machines is a free online slot machine game. Players 천안 출장샵 from around the world can experience some 사천 출장안마 of 군포 출장샵 the most 시흥 출장샵 exciting online slots machines from the

    BalasHapus